3.1. Pengantar Project_03: Memetakan Obyek Spasial

Pengantar pada Project_03

Kali ini akan dibahas mengenai penanganan obyek/data spasial pada pemetaan, atau bagaimana memetakan data spasial dengan memanfaatkan lebih banyak fungsi yang ada. Hal ini adalah kombinasi dari Project_01 dan Project_02 sehingga pemahaman akan pekerjaan terdahulu akan sangat berguna.

Data yang digunakan adalah data unduhan pada Project_02 (sila baca: Mengunduh dan Mengekstrak file SHP). Simpan data unduhan tersebut pada folder kerja baru, khusus untuk Project_03 ini, yaitu folder project03. Data yang digunakan adalah batas administrasi kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Jika belum mempunyai data yang dimaksud maka silakan unduh sesuai keterangan pada postingan Project_02 tersebut. Script lengkap beserta gambar hasil pengunduhan Project_02 dapat juga dilihat pada laman: Project_02_3.html.

Apa yang akan dilakukan pada Project_03 ini?

Kita akan mengenal lebih jauh dalam menampilkan data spasial dengan memanfaatkan lebih banyak fungsi antara lain untuk pengaturan warna dan ruang plot. Menampilkan label sesuai atribut yang terdapat pada data tersebut. Dan bagian akhir adalah menampilkan latar belakang data spasial dengan peta dari OpenStreetMap dan Google Maps.

Paket yang akan dipakai adalah GISTools, OpenStreetMap, RgoogleMaps, dan PBSmapping. Silakan diinstall melalui RStudio (untuk menginstall, baca instalasi GISTools).

*/ : )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s